Cerita Akhir KKN-T Bandarlampung 2020 Kelurahan Sumber Agung

 Kuliah Kerja Nyata Tematik berlangsung selama 40 hari yang terlaksana dari tanggal 6 Agustus hingga 15 Agustus 2020. Kegiatan ini aku laksanakan bersama teman-teman IPB yang berdomisili di Bandarlampung. Kegiatan yang kami laksanakan bersama warga Sumber Agung sebanyak 3 kali pertemuan yang mencakup 6 program kerja bertemakan COVID-19, bidang pertanian, perikanan serta peternakan.

Keberlangsungan dari tiap acara berjalan dengan baik dan mendapatkan apresiasi dari warga. Program kerja pertama dan kedua dapat dilihat pada link berikut https://berthasitanggang.blogspot.com/2020/07/mengenal-kelurahan-sumber-agung.html. Ketiga rogram kerja terakhir kami laksanakan dihari yang sama. Program kerja tersebut adalah Penanaman cabai dan sayur, Gerakan Protein Sehat serta pembuatanan pupuk vermikompos yang terlaksana pada Jumat, 14 Agustus 2020. Program ini dihadiri oleh ibu-ibu dan anak-anak. 

Acara pertama adalah demo pembuatan pupuk vermikompos. Demo ini diperagakan oleh anggota kami dan cukup disaksikan oleh partisipan. Selanjutnya, Pupuk yang telah jadi akan langsung dicampur dengan tanah sebagai media tanam untuk kegiatan Penanaman Cabai dan Sayur. Semaian cabai dan sayur pokcoy telah kami siapkan. Disini, kami mengajak partisipan untuk menanam terutama bagi anak-anak. Awalnya mereka malu-malu dan jijik karena media tanah dicampur dengan kotoran ternak. Namun, kami mencontohkannya terlebih dahulu dan satu per satu anak mulai ikut menanam juga. wadah yang kami sediakan adalah botol bekas minuman mineral. Hasil menanam mereka dapat dibawa pulang.

Selanjutnya, di penghujung acara, kami melakukan sedikit presentasi mengenai Gerakan Protein Sehat. Gerakan Protein Sehat ini kamu maksudkan agar para orang tua mengetahui pentingnya protein bagi pertumbuhan anak. Diakhir acara, kami memberikan bentuk dari protein yaitu telur puyuh dan susu untuk anak anak. (baca selengkapnya https://berthasitanggang.blogspot.com/2020/07/program-kkn-t-bandarlampung-2020.html)

Selama terlaksananya program, kami melihat bahwa warga terbantu dengan beberapa program seperti program pertama. Antusiasme warga dapat dilihat dengan memperhatikan demo handsanitizer pada program pertama. Begitupun di beberpa program lainnya. Para pamong serta mitra juga menyatakan bahwa walaupun kegiatan selama pandemi ini dibatasi, kehadiran kami cukup membuat warga terinspirasi dan berdampaik baik pada warga. Ditengah pandemi ini memang aku rasakan kurang intens berinteraksi dengan warga. Namun aku rasakan warga menerima kami dan itu cukup membuktikan bahwa kegiatan kami berdampak baik.

Pembelajaran baru tentunya saya dapatkan melalui kegiatan ini. Walaupun ekspetasiku adalah ber-KKN di desa dan lebih banyak berinteraksi dengan warga, namun kegiatan ini sudah cukup terpenuhi dengan baik dan lancar apa adanya. Pelajaran pertama adalah kerjasama dalam kelompok. Menurutku ini cukup sulit. kami yang beranggotakan 9 orang dengan 9 kepala, dari beberapa jurusan berbeda, tentunya memiliki opini yang berbeda serta kesibukan yang berbeda. Sering kali selama persiapan kami tidak full-team. Terkadang, rasa kesal satu sama lain muncul ketika berbeda pendapat. Namun, pada akhirnya kami bisa menyelesaikan setiap program dengan baik.

Pelajaran lainnya aku dapatkan dari masyarakat serta tugas MC yang aku emban pada lokakarya awal dan akhir. Interaksi dengan warga memang tidak terlalu banyak. Namun, kami sering mengunjungi beberapa warga untuk sekedar berbincang seperti berkunjung ke peternak burung hias, peternak ikan hias serta pembudidaya jamur. Dari meraka kami mendapatkan banyak ilmu yang sebelumnya belum kami dapat. Selain itu, kami dituntut untuk berkoordinasi dengan pihak kelurahan serta kota untuk keperluan atministrasi pada awal pelaksanaan KKN karena KKN tahun ini memang semunya diurus oleh kelompok sendiri.

Penutupan KKN-T telah terlaksana pada Rabu, 25 Agustus 2020 bertempat di Aula Kelurahan Sumber Agung. Pada penutupan ini menjadi acara penarikan mahasiswa KKN-T secara resmi. Acara ini dihadiri oleh Kepala Lurah, Ketua Lingkungan I, serta 7 Kepala  RT di Lingkungan I kelurahan Sumber Agung. Hadir juga perwakilan dari IPB yaitu Korwil (Koordinator Wilayah) Bandarlampung, Pak Ahyar serta Dosen Pembimbing Lapang, Pak Ichsan melalui sambungan Zoom.

Suasana acara penutupan

Acara berlangsung kurang lebih selama 50 menit dengan rangkaian acar yaitu sambutan, pemaparan laporan program KKN, serta serah terima plakat dan sertifikat sebagai tanda simbolis penarikan mahasiswa KKN di Kelurahan Sumber Agung. Setelah acara tersebut selesai, kami melanjutkan perpisahan ke rumah Pak Ismono serta Ketua Lingkungan I, Pak Sardi. Kami berbincang sebentar sembari mengucapkan terima kasih atas bantuan mereka selama kegiatan KKN.

Serah terima plakat dan sertifikat kepada Kelurahan

Banyak wejangan serta nasihat baik yang mereka berikan. Aku sangat berterima kasih dan senang bisa KKN di desa ini. Tidak banyak masalah dengan pihak kelurahan serta warga sehingga menurutku KKN ini sukses dan berjalan dengan lancar. Aku harap pengalaman ini serta kebaikan mereka selalu aku ingat. Tak lupa, pelajaran akan petingnya bersosialisai serta peka terhadap lingkungan akan selalu aku kembangkan




Komentar