Project 1: Tentang Pengembangan Softskill yang Jarang Diasah

Tulisan kali ini akan ku buka dengan keresahanku belakangan.

Sudah dua minggu ini aku berada di rumah. Ya, aku kembali ke kampung halaman karena wabah COVID-19 yang menggemparkan dunia. Aku rasa ini menjadi salah satu momen buruk di tahun ini. Semua rencana yang telah ada harus dijadwalkan ulang karena wabah ini cukup menggemparkan. UTS terpaksa diundur dan semua kegiatan diganti dengan berbasiskan online. Kegiatan acara himpro yang hampir disiapkan harus dibatalkan. Semoga semuanya akan kembali pulih.
Yap, itulah sedikit intermezzo dan langsung saja ke topik utama

Projek yang ku buat bersama mentor sepertinya belum bisa terjalankan semestinya. Pada 2 Maret 2020, aku sudah bertemu dengan Pak Rully membahas keberlanjutan projek. Setelah berbicara, Pak Rully mengusulkan untuk aku membuat semacam pemaparan materi dengan tema besar promosi tentang akuakultur. Pemaparan ini bisa berbagai macam bentuk baik dengan video, slide persentasi dan kreativitas lainnya. Persiapan materinya dari aku sendiri, sebebas aku mau membahas apa. Sebelum dilakukan pemaparan, aku harus mempersiapkan tulisan materinya lalu dicek terlebih dahulu oleh Pak Rully. Kemudian setelah semuanya benar, aku akan memaparkan dengan gayaku sendiri kepada audience.
Output yang ingin dicapai dalam projek ini adalah peningkatan softskill (keterampilan komunikasi), menulis serta managing time. Sejujurnya, aku sangat setuju akan output yang ditawarkan karena sangat relate dengan diriku. Aku memang perlu mengembangkan skill komunikasi di depan banyak orang karena memang aku kurang lancar juga masih terlihat gugup ketika mempresentasikan sesuatu. Menulis sebuah konten bisa jadi sebuah kemampuan yang akan terus aku asah dan memang aku cukup menyukainya.
Namun untuk saat ini, aku belum tahu akan seperti apa bentuk pemaparan yang cocok melihat keadaan yang sekarang serba work from home. Rencanaku mungkin akan dikemas dalam bentuk live instagram atau video. Tapi, aku belum tahu apakah itu akan efektif dan mencapai output yang telah disepakati.
Beberapa hari yang lalu aku sudah membuat sebuah konten dengan mengangkat keresahanku dengan jurusan kuliahku saat ini, apa yang dipikirkan orang sekitarku, pemikiran awal mula tentang perikanan, hingga fakta akuakultur di Indonesia. Tulisan ini masih sangat luas dan harapannya akan bisa aku jabarkan ke beberapa judul yang menarik dari berbagai segi.
Berikut tulisanku yang sedang diperbaiki:

Komentar