Social Assignment : Memetik Sebuah Pembelajaran dari Menulis Artikel


Ternyata melakukan sesuatu tugas yang baru itu sulit

Ini yang aku rasakan dalam berpartisipasi menjadi relawan konten artikel. Dari awal aku memilih ini menjadi sebuah pilihanku untuk social assignment, aku merasakan sebuah tantangan tersendiri. Pertama kali diriku bekerja sama dengan sebuah kelompok dan secara tidak langsung aku dituntut profesional.


Selama bergabung disini, memang aku tidak maksimal dalam pengerjaan bahkan tidak sesuai ToR yang telah disepakati pada awal mula. Sampai saat ini aku telah mengirimkan 5 artikel dan sedang running 2 artikel lainnya yang berjudul “Ciptakan Kamar yang Unik untuk Si Kecil” serta “Seberapa baik Youtube Kids bagi Anak-anak?’. Kedua artikel tersebut akan menjadi artikel terakhir yang akan aku kirimkan ke Aiva apps. Berkaitan dengan perkuliahan serta kegiatan utama tidak bisa aku pungkiri menjadikan kegiatan ini prioritas kesekianku. Menurut review dari salah satu tim Aiva, kak Silvi, adalah artikel yang kebanyakan aku kirim terlalu berat atau bukan artikel yang sedang dibutuhkan. Namun aku puas dengan hasil karyaku yang aku cari sumber acuannya dan semakin menambah pengetahuanku secara tidak langsung.
Ada beberapa hal yang aku sesalkan dari kegiatan ini selain yang berhubungan dengan kesalahanku tidak mempu konsisten. Tim Aiva tidak terbuka dengan para relawan konten dalam hal artikel apa saja yang masuk serta tidak ada pengulasan mingguan dari tim tersebut. Selain itu, pemutusan ‘kontrak’ dilakukan secara tiba-tiba beberapa hari yang lalu. Hal tersebut tidak sejalan dengan ToR awal yang seharusnya selesai pada pertengahan Desember. Sangat disayangkan, namun sku memahaminya karena ini masih platform yang sedang berkembang serta perekrutan relawan yang termasuk cukup mudah dengan hanya menulis satu artikel pada awal. Maka, kegiatan aku sebagai penulis artikel akan berhenti mulai sekarang.
Awal mula, aku merasa bersemangat dan mampu melakukannya. Selain itu kegiatan ini menjadikan pemacu saya terutama dalam mendalami literasi dan mengaitkan segala hal based on research first. Poin penting itu yang melandasi saya, menulis artikel atau sebuah tulisan bukan hanya omong kosong atau tanpa dasar ilmiah. Bagaimana berkomitmen dan bertanggung jawab kepada diri sendiri menjadi sikap yang harus aku tingkatkan. Selain itu, aku harus memilih sekiranya yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan sesuai kemampuanku.
Rencana untuk social assignment aku adalah akan lebih sesuai dengan bidangku saat ini. Aku merencanakan akan berbagi pembelajaran budidaya dan pemeliharaan ikan hias yang bisa aku kontrol setiap hari. Sekarang juga, aku sedang memelihara ikan dan pernah sekali melakukan teknik pemijahan kepada ikan-ikanku. Kemungkinan juga bisa aku tetap menjadi bagian dari penulis artikel  namun hanya sebagai sambilan saja. Harapannya disemester depan aku lebih baik dan bersemangat.

Bagi yang penasaran dengan Aiva apps, berikut adalah sosial medianya
https://www.instagram.com/aiva.app/

Komentar